Senin, 13 Juli 2015

CERITA SEBELUM TIDUR

Meskipun kedua mata kita berfungsi dengan baik, secara tidak sadar ada tabir tak kasat mata yang menghalangi kita melihat lebih jernih. Objek (realitas) yang di sasar oleh retina mata akan diproses oleh otak lalu diterjemahkan sesuai dengan kapasitas kognitif (pemikiran). Jika kapasitas kognitif terbatas, maka kemampuan otak juga terbatas untuk menerjemahkan objek (realitas) yang ditangkap oleh retina. Sehingga besar kemungkinan kita tidak memperoleh seluruh informasi yang menyertai objek tersebut, atau yang kita peroleh hanya sebahagiannya saja.
Ketidakmampuan otak kita untuk menerjemahkan secara menyeluruh apa yang menyertai objek yang kita lihat inilah yang saya maksud sebagai tabir tak kasat mata. Nah, karena alasan itulah kenapa kita perlu membaca, entah itu buku, novel, apa pun, asalkan membaca. Karena membaca dapat membantu memperluas jangkauan kapasitas kognitif kita, memperkaya gudang penyimpanan informasi pada otak kita. Gudang informasi yang sangat penting bagi otak dalam mengolah lalu menerjemahkan apa saja yg ditangkap oleh indera termasuk mata. Semakin kaya gudang informasi pada otak kita, semakin banyak realitas yang mampu diterjemahkan dari objek yang disasar oleh mata. Maka semakin jelas pula lah segala fakta yang menyertai objek (realitas) yang ditangkap oleh mata tersebut.
Jadi, kesimpulannya, membaca akan menyingkap setiap tabir tak kasat pada mata kita, lapis demi lapisnya. Membaca akan membantu kita untuk dapat memandang lebih terang, membuat kita mampu melihat apa yang tidak orang lain lihat pada satu objek pandang yang sama. Membaca akan mengantar kita pada tahap kemampuan untuk melihat sesuatu secara penuh ketika yang lain hanya mampu melihat sebahagiannya saja. Dan bukan tidak mungkin akan menyajikan kita berbagai makna dan pemahaman akan segala rahasia yang menyertai semesta lalu menjawab segala pertanyaan hidup yang ada.

Sudah, apa yang kau tunggu?
Kecuali memang menjadi buta adalah pilihanmu?
Begitu dalamnya makna ‘Iqra!’ :) :) :)

sumber: http://ayojadilebihbaik.tumblr.com/post/65514027693/ceritasebelumtidur-anhardanaputra-meskipun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar